Rabu, 15 Desember 2010

TEORI BELAJAR BRUNER

Menurut Bruner, belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru di luar informasi yang diberikan kepada dirinya. Dalam teori belajarnya Bruner berpendapat bahwa kegiatan belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika siswa dapat menemukan sendiri suatu aturan atau kesimpulan tertentu. Dalam hal ini Bruner membedakan menjadi tiga tahap, yaitu:
  1. Tahap/fase informasi yaitu dimana seorang siswa yang sedang belajar memperoleh sejumlah keterangan mengenai materi yang dipelajari.
  2. Tahap/fase transformasi yaitu proses dimana informasi yang diperoleh dianalisis dan ditransformasikan menjadi bentuk yang abstrak atau konseptual.
  3. Tahap/fase evaluasi yaitu proses penilaian untuk mengetahui sampai sejauh mana informasi yang telah ditransformasikan dapat dimanfaatkan.
Ciri khas teori Belajar Bruner
  1. Empat tema tentang pendidikan:
    1. Pentingnya arti penting struktur pengetahuan
    2. Kesiapan untuk belajar
    3. Nilai intusi dalam proses pendidikan
    4. Motivasi atau keinginan untuk belajar dan cara-cara yang tersedia pada para guru untuk merangsang motivasi.
  2. Model dan kategori. Pendekatan Bruner terhadap belajar didasarkan pada dua asumsi. Asumsi pertama yaitu mengenai perolehan pengetahuan merupakan suatu proses interaktif.Asumsi kedua yaiitu orang yang mengkontruksi pengetahuannya dengan menghubungkan informasi yang masuk dengan informasi yang disimpan yang diperoleh sebelumnya, suatu model alam (model of the world).
  3. Belajar sebagai proses kognitif. Bruner mengungkapkan bahwa belajar melibatkan tiga proses yang melibatkan hampir bersamaan. 
    1. Memperoleh informai baru 
    2. transformasi informasi
    3. menguji relevansi dan ketepatan penguatan
Ciri khas Teori Bruner dan perbedaan dengan teori lain
  1. Teori Bruner memiliki discovery learning yaitu belajar dengan cara menemukan konsep sendiri
  2. Penerapan kurikulum spiral dimana materi pelajaran yang sama dapat diberikan setahap demi setahap dari mulai yang sederhana sampai ke yang kompleks, dari mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan kognitif siswa
  3. Model teori Bruner membebaskan siswa untuk belajar sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar