Senin, 13 Desember 2010

BELAJAR TUNTAS (MASTER LEARNING)

A. Definisi Belajar Tuntas
Belajar tuntas adalah pendekatan dalam pembelajaran yang mempersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi dasar mata pelajaran tertentu.

B. Ciri-ciri Belajar Tuntas
 Pada dasarnya ada enam ciri pokok apad belajar/mengajar dengan prinsip belajar tuntas, yaitu:
  1. Berdasarkan atas tujuan instruksional yang hendak dicapai
  2. Memperhatikan perbedaan individu siswa (asal perbedaan) terutama dalam kemampuan dan kecepatan belajarnya
  3. Menggunakan prinsip siswa belajar aktif
  4. Menggunakan satuan belajar kecil
  5. Menggunakan sistem evaluasi yang kontinu dan berdasarkan atas kriteria, agar guru maupun siswa dapat segera memperoleh balikan
  6. Menggunakan program pengayaan dan perbaikan
C. Prinsip Belajar Tuntas
  1. Waktu. Dimana waktu yang dibuthkan oleh bakat siswa dan waktu yang digunakan dipengaruhi oleh kesempatan waktu yang tersedia dan ketekunan siswa dalam belajar.
  2. Feedback. Umpan balik untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman siswa
  3. Korektif. Tindakan dalam memperbaiki atau mengendalikan kesalahan siswa dalam belajar.
D. Langkah-langkah Belajar Tuntas
  1. Menjabarkan atau memecahkan KD (Kompetensi Dasar) ke dalam satuan-satuan (unit-unit) yang lebih kecil dengan memperhatikan pengetahuan prasayaratnya.
  2. Mengembangkan indikator berdasarkan SK/KD
  3. Menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk yang variasi
  4. Memonitor seluruh pekerjaan peserta didik
  5. Menilai perkembangan peserta didik dalam pencapaian kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)
  6. Menggunakan teknik diagnostik
  7. Menyediakan sejumlah alternatif strategi pembelajaran bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar